Pendampingan Manajemen dan Pemasaran Digital. Selain pelatihan produksi, tim PKM juga akan memberikan pendampingan dalam aspek manajemen usaha. Para petani akan dibantu untuk: menciptakan merek produk..Mengurus perizinan seperti PIRT dan izin halal. Melakukan pembukuan keuangan untuk mengukur peningkatan pendapatan.
Tim juga akan mendampingi pembuatan akun pemasaran daring di berbagai platform populer seperti web, Instagram, WhatsApp, TikTok, Shopee, dan Tokopedia, dengan target tercapai 80%. Peningkatan kemampuan manajemen dan pemasaran ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan kelompok hingga 70%.
Kegiatan ini secara langsung mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) “Tanpa Kemiskinan” dan “Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi”. Dengan mengubah hasil pertanian yang tadinya kurang bernilai menjadi produk yang diminati pasar, program ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang layak dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa. (*)