LIMA PULUH KOTA, HARIANHALUAN.ID — Soal pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jadi yang terbaik di Kabupaten Lima Puluh Kota. Dinas tersebut mendapatkan skor tertinggi dibandingkan dinas-dinas lainnya di sana.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Refilza pada Rabu (15/2) pagi. “Alhamdulillah, tahun ini pelayanan kita yang terbaik,” katanya.
Dibandingkan tahun lalu, ada peningkatan skor pelayanan publik Disdukcapil Lima Puluh Kota. Dulu zona merah, sekarang sudah jadi zona hijau atau yang terbaik.
Dijelaskan Refilza, pelayanan publik merupakan prioritas utama bagi Disdukcapil Lima Puluh Kota. Apalagi, dinasnya itu merupakan salah satu dinas yang dikunjungi masyarakat di seluruh nagari untuk pencatatan kependudukan.
“Tiap hari puluhan masyarakat yang mengurus soal kependudukan ini. Karena itu, pelayanan harus prima kepada masyarakat,”ujarnya.
Soal pelayanan masyarakat, katanya, ada sekitar 200 pencatatan kependudukan yang dilayani setiap harinya. Terdiri dari sekitar 50 orang pelayanan offline yang datang langsung ke kantor Disdukcapil dan 150 pelayanan online secara elektronik yang bisa diakses dimanapun.