Gerakan Literasi, ASN Pemko Padang Berpacu Menulis

HARIANHALUAN.id – Langkah hebat dilakukan Pemko Padang untuk memantik daya literasi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas. Pemerintah setempat melaunching lomba “ASN Pemko Padang Menulis”, Sabtu (19/11/2022).

Lomba ASN menulis tersebut merupakan inovasi yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

“Melalui lomba ‘ASN Pemko Padang Menulis’ ini kita harapkan menjadi wadah bagi ASN untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam menulis,” ujar Wali Kota Padang Hendri Septa saat melaunching kegiatan tersebut di Mini Theatre Gedung Youth Center Bagindo Aziz Chan Padang.

Hendri Septa menuturkan, lomba ini tidak saja menjadi wadah untuk mengembangkan bakat dan minat dalam menulis. Akan tetapi juga sebagai tempat untuk menuangkan ide dan gagasan.

“Tentunya kita harapkan nantinya akan muncul ide dan gagasan dari ASN untuk kemajuan Kota Padang ke depan,” harap Wali Kota Padang.

Sementara itu, Sekdako Padang Andree Algamar mengatakan, lomba “ASN Pemko Padang Menulis” merupakan langkah awal untuk memancing minat ASN agar menulis. Sebab selama ini dirinya melihat masih sedikit ASN yang mampu menulis dengan baik.

“Lomba ini kita gagas sekaligus untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Manusia (IPLM) Kota Padang,” tutur Andree.

Selain itu Andree juga mengatakan bahwa lomba ini diinisiasi oleh Korpri Kota Padang. Menyemarakkan HUT Korpri ke 51, sejumlah lomba digelar. Termasuk lomba “ASN Pemko Padang Menulis”.

“Kita harapkan ini berkelanjutan, menjadi agenda yang rutin dilaksanakan tanpa terputus,” sebutnya.

Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Padang Didi Aryadi mengatakan, “ASN Pemko Padang Menulis” digelar rutin setiap bulan. Nantinya, tulisan terbaik setiap bulannya akan mendapat reward dari Wali Kota Padang.

“Seluruh karya akan dimuat di website padang go.id dan dapat kita baca. Nantinya tulisan terbaik setiap bulan akan mendapat penghargaan,” tutur Didi Aryadi dibenarkan Corri Saidan yang merupakan Ketua Panitia Lomba HUT Korpri.

ASN Pemko Padang dapat mengirimkan karya sebanyak-banyaknya. Panitia lomba “ASN Pemko Padang Menulis” tidak membatasi tema karya tulis. Karya yang dikirimkan ke panitia minimal tiga sampai maksimal lima halaman.

Dalam launching itu nampak hadir Panitia Lomba ASN Pemko Padang Menulis, Feri Mulyani Hamid dan Charlie Ch. Legi. Selain launching lomba “ASN Pemko Padang Menulis”, juga digelar bedah buku berjudul “Koki Otonomi Kisah Anak Sekolah Pamong”. Buku biografi Djohermansyah Djohan yang ditulis Jose Rizal itu dibedah oleh Sekjen Kemendagri dan sejumlah undangan lainnya. Nampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah kepala OPD beserta staf di Pemko Padang. (*)

Exit mobile version