Gemoi, Aplikasi untuk Atasi Permasalahan Kesehatan Remaja

Puskesmas Padang Pasir

PADANG, HARIANHALUAN.ID — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang meluncurkan aplikasi cegah remaja bermasalah, optimalisasi kelas IMUD (Gemoi) untuk mempermudah remaja mendapatkan pelayanan kesehatan.  Aplikasi ini juga diinisiasi oleh Puskesmas Padang Pasir. 

Kepala Bidang E-Gov Diskominfo Padang Romi Elpa Segas menyebutkan dengan menggunakan aplikasi ini remaja bisa memberikan laporan tanpa harus berkunjung ke puskesmas. Kondisi kesehatan remaja yang melakukan konsultasi tersebut akan dirahasiakan.

“Aplikasi ini sementara kita bisa akses melalui website padangpasir.puskesmas.padang.go.id, karena kita masih menunggu proses untuk verifikasi ke playstore. Aplikasi Gemoi ini diharapkannya dapat dimanfaaatkan dengan bantuan Guru BK dan Forum Anak Kota Padang,” kata Romi, Senin (29/5).

Lebih jauh dikatakannya, aplikasi ini diciptakan karena kebanyakan remaja yang kesehatannya bermasalah takut untuk berkonsultasi langsung ke puskesmas.  Jadi dengan adanya aplikasi ini remaja tidak perlu lagi takut untuk mengkonsultasikan masalah kesehatannya.

“Dengan aplikasi ini siapapun boleh melaporkan apapun masalah kesehatannya tanpa harus takut privasinya diketahui. Nanti akan ada respon dari puskesmas untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Padang Pasir Desy Susanti menyebutkan bahwa pihaknya terus meningkatkan pelayanan dalam kesehatan. Terlebih Pemerintah Kota Padang tengah menggencarkan program pencegahan stunting dan pemenuhan gizi terhadap remaja putri.

“Apapun permasalahan kesehatan yang terjadi pada remaja putri bisa dilaporkan melalui aplikasi ini. Misalnya kehamilan, permasalahan menstruasi atau alat reproduksi. Karena memang pasti banyak yang tidak berani melaporkan, padahal kehamilan di bawah usia 20 tahun berisiko,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan adanya aplikasi ini mampu memberikan kemudahan akses kepada masyarakat, terkait berbagai pelaporan berbagai masalah kesehatan. Pihaknya akan membantu merespon dan memberikan seputar informasi kesehatan melalui aplikasi tersebut. (dar)

Exit mobile version