Seleksi Calon KPU Kabupaten/Kota di Sumbar Terbuka dan Transparan

KPU Sumbar melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon KPU kabupaten dan kota. IST

HARIANHALUAN.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar seleksi terakhir untuk calon Komisioner KPU Kabupaten dan Kota se-Sumbar. Pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan ini diikuti oleh 150 orang dari 15 daerah, di Hotel Mercure Padang, sejak Minggu (4/6) hingga Rabu (7/6).

“Tes ini sebagai salah satu rangkaian untuk menjaring lima besar komisioner KPU kabupaten dan kota. Tentu harapannya terpilih Komisioner KPU yang terbaik,” ujar Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen, Selasa (6/6).

Dikatakannya, pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan ini yaitu untuk menguji kemampuan calon komisioner KPU kabupaten dan kota. Dalam fit and proper test, pihaknya menguji soal wawasan dan integritas serta terkait etik calon anggota KPU.

Melalui uji kelayakan dan kepatutan diharapkan bisa dihasilkan penyelenggara yang jujur dan adil. Kemudian, tidak ada intervensi dalam proses seleksi calon anggota KPU kabupaten dan kota.

“Seleksi calon komisioner KPU kabupaten dan kota ini berjalan terbuka dan transparan. Siapapun yang lolos, karena kemampuan dan kompetensinya. Kita harap yang terpilih komisioner KPU yang terbaik,” katanya lagi.

Untuk diketahui, pengumuman nomor : 10/SDM.12-PU/13/2023 tentang uji kelayakan dan kepatutan Calon Anggota KPU Kabupaten dan Kota periode 2023-2028 pada 15 kabupaten dan kota di Sumbar. Hal ini berdasarkan pengumuman yang dibuat KPU Sumbar dan ditandatangani oleh Ketua Surya Efitrimen yang ditetapkan 1 Juni 2023 kemarin.

Sebanyak 150 orang yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU kabupaten dan kota berasal dari 15 daerah yakni Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Lima Puluh Kota, Dharmasraya, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Bukittinggi, Sijunjung Kepulauan Mentawai, Solok Selatan, Payakumbuh, Tanah Datar, dan Kota Solok. (fdi)

Exit mobile version