1,2 Ton Sampah Terkumpul saat Relawan PLN Bersihkan Pantai Air Manis Padang

Ratusan Relawan PLN Gelar Bersih Pantai, Pantai Air Manis Semakin Biru Berkilau

HARIANHALUAN.id – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia melalui Program Relawan Pegawai Tanam Pohon dan Bersih Pantai di sekitar Pantai Air Manis, Sabtu (10/06).

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Bersih-Bersih Pesisir atau Coastel Clean Up yang diadakan oleh PT PLN (Persero) Kantor Pusat bersama Dinas Lingkungan dan Kehutanan (DLHK), dan diikuti secara serentak oleh PLN Unit Induk di seluruh Indonesia.

Sedikitnya 200 orang berpartisipasi dalam Kegiatan Tanam Pohon dan Bersih Pantai PLN UID Sumbar. Yaitu terdiri dari relawan pegawai PLN UID Sumbar berbagai unit tersebar, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, Dinas ESDM Provinsi Sumbar, Dinas Pariwisara Provinsi Sumbar, serta tim dari Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Sumbar.

Hadir pula sukseskan kegiatan, para satria atau anggota Komunitas Asar Humanity. Selanjutnya Kelompok Usaha Bersama (KUBE) MinaGot Sumbar dan KUBE Bank Sampah Pasie Nan Tigo hadir untuk turut bebersih pantai dan bertugas sebagai penerima dan pengelolas selanjutnya dari sampah hasil bersih pantai.

Bank Sampah Pasie Nan Tigo merupakan binaan PLN UID Sumbar yang bergerak dalam pengolahan limbah plastik menjadi produk yang lebih bernilai. Sementara KUBE MinaGot merupakan kelompok pengelola sampak organik dengan menggunakan bibit maggot.

Total 150 bibit pohon ditanam pada kegiatan ini. Simbolis penanaman bibit pohon dilakukan oleh General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho dan jajaran Senior Manager. Kemudian pada kegiatan Bersih Pantai, relawan dibagi ke dalam 13 kelompok yang bergerak menyebar ke 13 kawasan pesisir Pantai Air Manis. 13 Kelompok ini berlomba mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya dan menjadikan kawasannya sebagai kawasan terbersih.

Berkat aksi Tanam Pohon dan Bersih Pantai ini, Pantai Air Manis semakin biru berkilau. Lebih dari 1,2 ton sampah terkumpul dan diterima dengan sukacita oleh KUBE ManiGot dan KUBE Bank Sampah Pasie Nan Tigo.

General Manager Eric mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan sejarah baru, dimana PLN se-Indonesia merayakan Hari Lingkungan Hidup bersama-sama dengan berbagai kegiatan positif seputar konservasi laut/sungai.

Eric berharap, setelah kegiatan ini berakhir, mindset dan perilaku positif peduli lingkungan dapat dibawa pulang oleh seluruh peserta dan dilanjutkan. Eric ingin seluruh relawan terus menggalakkan upaya-upaya kelestarian lingkungan, termasuk pada kawasan wisata.

“Teruskan komitmen membuang sampah pada tempatnya. Kita jaga kelestarian biota laut bersama-sama. Kemudian dukung program pengurangan limbah plastik dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Bapak Ibu juga dapat mengirimkan limbah sehari-harinya pada Bank Sampah Pasie Nan Tigo atau KUBE MinaGot,” lanjutnya.

Sekretaris Dinas ESDM Provinsi Sumbar menyampaikan, kegiatan PLN ini sejalan dengan salah satu program Pemerintah Provinsi Sumbar, yaitu “Sumbar Bersih”. ‘’Terima kasih dan apresiasi saya untuk semua relawan yang hadir. Dengan pantai bersih dan nyaman kita menarik lebih banyak lagi wisatawan berkunjung ke Sumbar,” sampainya.

Selain melaksanakan tanam pohon dan bersih pantai, PLN UID Sumbar juga sumbangkan 27 buah tong sampah kepada Pokdarwis setempat, yang terdiri dari 4 buah tong sampah penampungan berukuran besar dan 23 buah tong sampah pembuangan berukuran medium. (*)

Exit mobile version