PASBAR, HARIANHALUAN. ID– Bupati Pasaman Barat Yulianto melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua kantor pelayanan publik daerah Pasaman Barat, Senin (26/5).
Dua kantor pelayanan tersebut yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Puskesmas Simpang Empat.
Tujuannya untuk melihat langsung pelayanan yang diberikan pegawai dan petugas kepada masyarakat.
“Hari ini kita melakukan sidak untuk melihat langsung tingkat kehadiran dan pelayanan yang diberikan pegawai dan petugas kepada masyarakat ,” ujar Yulianto .
Yulianto mengingatkan kepada petugas di Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan Puskesmas Simpang Empat agar mengutamakan pelayanan yang baik kepada masyarakat.
“Kita mengetahui saat ini sedang efisiensi anggaran. Namun hal itu tidak menjadi alasan bagi kita untuk tidak memberikan pelayanan yang baik dan maksimal.
ASN tugasnya adalah melayani bukan minta dilayani. Dari pantauan kita di lapangan hari ini, kehadiran pegawai (ASN) dan petugas cukup tinggi dan pelayanan pun berjalan dengan baik dan lancar,” tegasnya.
Yulianto juga meminta agar pelayanan kepada masyarakat tidak dipersulit. Jika ada kendala yang hadapi, ia meminta untuk koordinasikan segera dengan pimpinan agar permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan cepat.
“Kita berharap agar petugas dapat memberikan pelayanan dengan ramah, senyum dan tidak terkesan arogan dan sombong karena dengan pelayanan yang ramah bisa menjadi obat bagi masyarakat. Selain itu jangan memperlambat urusan administrasi. Berikan pelayanan yang cepat,” katanya.
Khusus kepada Puskesmas Simpang Empat dan sentra pelayanan kesehatan, Ia berharap agar bisa menerjemahkan visi misi kepala daerah bidang kesehatan karena Puskesmas Simpang Empat telah memulai memberikan pelayanan dokter ke nagari (desa).
“Setiap hari Rabu pelayanan dokter sudah ada di nagari di Simpang Empat. Saya berharap layanan ini terus ditingkatkan kedepannya,” harapnya. (*)