Peringatan HUT Ke-22, Baznas Pasaman Barat Gelar berbagai Kegiatan

Baznas Pasbar

Ketua Baznas Pasaman Barat memberikan sambutan di hari HUT Baznas ke-22 di kantor Baznas setempat. Osniwati

HARIANHALUAN.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22, pada Selasa (17/1/2023). 

Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto mengatakan, atas nama pemda serta masyarakat Pasaman Barat mengucapkan selamat ulang tahun Baznas yang ke-22 pada Senin 17 Januari 2023. Ia berharap, Baznas dapat terus mengajak dan membangkitkan kesadaran masyarakat Pasbar untuk berzakat. 

“Semoga diusia yang terus bertambah ini, Baznas akan tumbuh semakin kuat, terpercaya dan modern. Juga terus mengajak dan memfasilitasi masyarakat Pasbar untuk berzakat, membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berbagi rezeki dan kebahagian dengan saudara-saudara yang membutuhkan,” kata Risnawanto. 

Dijelaskanya, Baznas harus meningkatkan kepedulian sosial dan solidaritas masyarakat dengan saling berbagi dan peduli, serta memperkuat ekonomi umat Islam. Meningkatkan potensi yang ada dalam hal pengumpulan dana zakat, infaq dan sedekah baik secara individu dan kelompok atau kelembagaan lainnya. 

“Semoga ke depan Baznas akan melakukan terobosan baru sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Dalam hal penyaluran atau pendistribusian zakat infak sedekah, agar sesuai dengan ketentuan syariat, serta peraturan dan undang-undang yang berlaku,” kata Wabup Risnawanto. 

Di samping itu, Ketua Baznas Pasbar, Muhajir menyampaikan, semoga dalam majelis yang mulia ini dalam momentum peringatan hari lahir Baznas yang ke-22 tepatnya pada 17 Januari 2001-17 Januari 2023, tetap menjadi ‘Lembaga Utama Sejahterakan Ummat’. 

“Kami sebagai amil zakat di Kabupaten Pasaman Barat, tetap berupaya dengan memaksimalkan potensi yang ada baik dalam pengumpulan dan penyaluran sesuai dengan regulasi yang ada,” kata Muhajir 

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini pihaknya meminta dukungan dari seluruh pihak agar keberadaan Baznas semakin eksis di tengah masyarakat. “Ke depan, kami menargetkan untuk menjangkau beberapa daerah pinggir dan terisolir dalam hal pendistribusian dan penyaluran baik zakat, infak dan sedekah,” ujarnya. 

Ia meminta dukungan moril dan materil dari pihak terkait, kemudian ucapan terima kasih kepada seluruh mustahik yang sudah percaya kepada Baznas Pasbar. 

Senada dengan itu, Ketua Pelaksana Hidayat Komari menyampaikan rangkaian acara pada milad Baznas tingkat Kabupaten Pasbar, di antaranya ialah anjang sana ke Panti Asuhan Yayasan Bunda Berbagi untuk menyantuni anak panti asuhan, kemudian takmil atau khatam Qur’an oleh seluruh komisioner dan seluruh amil pelaksana Baznas. 

“Puncak rangkaian acara ialah pada hari ini pelaksanaan syukuran bersama Pemda Pasbar, Kemenag Pasbar, para muzakki, mustahik dan undangan lainnya,” ujarnya. 

Diakhir acara, dilakukan penyerahan UPZ Baznas Kabupaten Pasaman Barat yakni pengumpul zakat terbanyak di Pasbar kepada Sofyan Sahuri dan Dodi, yang diserahkan Wabup Risnawanto didampingi Ketua Baznas Muhajjir.

Syukuran HUT yang digelar di Aula Kantor Baznas Pasbar itu dihadiri Wakil Bupati Risnawanto didampingi Kemenag Pasbar, Staf Ahli Adrianto, Kabag Kesra Hartasani, para muzakki dan mustahik dan stakeholder terkait. (*)

Exit mobile version