Wabup Risnawanto Targetkan Penanganan Pasca Banjir Bandang Talamau Selesai H-3 Idul Fitri

PASBAR, HARIANHALUAN.ID- Pasca banjir bandang di Talamau, Rabu, (3/4/2024), Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto menargetkan penanganan banjir dapat selesai H-3 Idul Fitri 1445 H.

Ia mengungkapkan bahwa, tercatat sebanyak 69 orang diungsikan ke Balai Diklat Talu, dan 45 orang ke rumah Tahfiz Talamau. Banjir bandang yang melanda 2 nagari 4 kejorongan, yakni Jorong Kemakmuran, Jorong Benteng, Jorong Harapan dan Jorong Tabek Sirah itu berdampak terhadap 272 KK, 1360 jiwa.

Berdasarkan data sementara, akibat banjir bandang tersebut 4 unit rumah warga hanyut dan 10 rumah dinyatakan rusak berat.

“Berdasarkan data sementara hingga pukul 2 dini hari ini terdapat 10 unit rumah rusak berat, 4 rumah hanyut, 272 KK dan 1360 jiwa terdampak banjir bandang ini. Untuk pengungsi difokuskan di Balai Diklat Talu sekitar 69 jiwa dan di rumah tahfiz 45 orang sampai pukul 2 dini hari ini,” jelasnya dalam rapat koordinasi bersama Forkopimda, Kamis, (4/4/2024).

Wabup Risnawanto meminta segera mengkoordinasikan alat berat dan peralatan lainnya untuk segera membersihkan puing-puing pasca banjir (material kayu dan batu-batu) yang hanyut dan masuk ke dalam pemukiman atau rumah warga.

“Kita menargetkan 3 hari sebelum lebaran warga dapat kembali ke rumah masing-masing,” tegasnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman Barat khususnya warga Kecamatan Talamau agar selalu siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrim yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan pohon tumbang.

Exit mobile version