Empat Warga Kinali Digigit Anjing Gila

PASBAR HARIANHALUAN ID – Empat warga digigit anjing liar di berbeda tempat di Kecamatan Kinali di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Rabu (17/4/2024).

Hal tersebut dikatakan Kapolsek Kinali, AKP Alfian Nurman melalui Aiptu Junaidi, Bhabinkamtibmas Nagari Kinali saat bersilaturahmi bersama warga dan petugas Puskesmas 6 Koto Nagari Bandua Balai.

“Dugaan peristiwa warga digigit anjing liar tersebut sejak abis Lebaran ada sebanyak 4 orang. Masing-masing korban terdapat luka gigitan yang berbeda dan termasuk tempat lokasi kejadiannya juga berbeda. Namun masing-masing korban telah mendapat suntikan vaksin anti rabies,” ujarnya.

Nama-nama warga yang digigit anjing liar, yaitu Fania lokasi peristiwa
Tanjung Medan, Nagari Bandua Balai, Saiful lokasi kejadian di Durian Tibarau, Nagari Apek Koto Utara, Jefri lokasi di Tanjung Medan, Nagari Bandua Balai Atas, dan Adit lokasi Padang Kadok, Nagari Bandua Balai.

Dokter Hewan Reni menangapi tentang kasus warga yang digigit anjing gila bahwa empat warga yang menjadi korban tersebut berbeda lokasi.

“Dari empat ekor anjing yang mengigit warga itu satu sudah mati, yang dua ekor ada pemiliknya sudah kita datangi ke Tanjung Medan. Namun pemilik anjing tersebut sudah dikasih tali oleh si pemiliknya dan sudah kita cek anjing itu,” ujarnya.

Namun, kata Reni, belum bisa untuk memastikan bahwa anjing yang mati itu gila.

“Untuk sementara bahwa anjing yang mati diduga gila. Karena kita masih menunggu hasil dari labor untuk berapa hari ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kinali, Saparuddin juga membenarkan bahwa ada warga yang digigit oleh anjing liar. Akibat kejadian itu, Ia mengimbau kepada masyarakat berhati-hati kalau ada melihat anjing liar dan selalu waspada termasuk anak-anak dan orang dewasa.

“Kita berharap kepada warga yang memiliki ternak anjing diberi obat dan vaksin. Semoga ternak tersebut aman dan juga dikasih tali, agar tidak lepas dan sebaur dengan anjing liar,” katanya. (*)

Exit mobile version