Innalillahi..! Seorang Jemaah Haji Embarkasi Padang Asal Pasaman Wafat di Madinah

HARIANHALUAN.ID – Seorang jemaah Haji Embarkasi Padang dinyatakan meninggal usai melaksanakan Salat Asar di Medinah, Jumat (10/6/2022).

Bangun Wahid Lubis (59) nomor manifes 262 merupakan jemaah asal Pasaman yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) IV. Almarhum dinyatakan wafat pukul 17.20 waktu setempat.

Informasi ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumbar, Joben, Sabtu (11/6).

Joben mengatakan, jemaah haji itu tidak memiliki riwayat penyakit sebelumnya. Usai mengerjakan salat Asar, Wahid tiba-tiba sempoyongan dan jatuh.

“Tidak ada penyebab. Pukul 16.15 WAS, sepulang dari salat Asar di Masjid Nabawi, tiba-tiba pasien sempoyongan dan jatuh,” ujar Joben.

Diceritakan Joben, jemaah lain yang melihat kejadian itu langsung menghubungi dokter kloter yang kebetulan turun dari lift. Dokter langsung memberikan pertolongan pertama bahkan Wahid juga sempat spontan bernapas.

Almarhum lanjut Joben juga sempat dirujuk ke RSAS King Fahd dan ditangani dokter, namun sudah tidak tertolong. Pada pukul 17.20 WAS pasien dinyatakan meninggal dunia.

“Pihak Kemenag sudah  mengurus adminstrasi ke sektor 2 Madinah dan Daker (daerah kerja). Dari Daker dilimpahkan ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KLH) untuk pengurusan pemulasaran almarhum,” terang Joben.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, Helmi dihubungi melalui telepon selulernya menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya jemaah haji Sumbar.

“Kita beserta jajaran Kementerian Agama Sumatra Barat turut berduka atas berpulangnya jemaah haji Sumbar asal Pasaman ini,” ungkap Kakanwil.

“Mudah-mudahan almarhum ditempatkan di surgaNya Allah diampuni segala dosanya dan pahala mabrur diberikan untuk Almarhum,” ucap Helmi.

Tak lupa Kakanwil mendoakan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran oleh Allah SWT. Mudah-mudahan keluarga ikhlas melepas kepergian Almarhum.

“Kita berharap jemaah haji Embarkasi Padang yang berjumlah 2.745 yang sudah berada di Tanah Suci diberi kekuatan dan kesehatan. Jaga kesehatan, patuhi aturan dan banyak minum air putih,” tandas Kakanwil. (*)

Exit mobile version