Pengembangan Wisata Tak Boleh Setengah-Setengah

Bupati Sabar AS saat membuka acara Bimbinban Teknis (Bintek) Pengembangan Kompetensi SDM Ekonomi Kreatif se-Kabupaten Pasaman, di Lubuk Sikaping, Selasa (7/11) lalu. Pada kesempatan itu ia menyampaikan bahwa pariwisata merupakan salah satu fokus Pemkab Pasaman. IST

PASAMAN, HARIANHALUAN.ID — Bupati Pasaman Sabar AS menegaskan bahwa sektor pariwisata merupakan sektor unggulan Kabupaten Pasaman dan akan menjadi kebutuhan bagi masyarakat Pasaman.

“Jika sektor pariwisata dikembangkan, maka sektor-sektor lain juga akan bergerak, seperti transportasi, pertanian, UMKN, kuliner, dan ekonomi kreatif lainnya, karena semuanya simultan dan terintegrasi,” kata Bupati, beberapa waktu yang lalu.

Menurut Sabar, usaha pariwisata akan dapat menstimulan usaha-usaha lain yang ada di masyarakat, dan secara langsung akan dapat menggairahkan ekonomi masyarakat, yang bermuara pada meningkatnya pendapatan masyarakat Pasaman.

Namun ia juga mengingatkan, bahwa pengembangan pariwisata tidak bisa dilakukan setengah hati, karena usaha pariwisata membutuhkan kesunguhan, malah cendrung dengan sedikit “kegilaan”.  “Ingat, segala yang dilakukan setengah-setengah, hasilnya tidak akan maksimal. Dan pelaku usaha pariwisata mesti tahan cobaan dan cimeeh,” ucapnya.

Di samping itu, ia turut mengajak masyarakat Pasaman untuk senantiasa  bersyukur, karena telah dianugerahi alam yang indah dan tanah yang subur, dengan segala kekayaan alamnya.

“Apalagi daerah Bonjol dengan keelokan alam, potensi wisata, dan letaknya yang strategis telah menjadikan Bonjol sebagai destinasi wisata potensial di Kabupaten Pasaman, sesuai hasil kajian akademis yang dilakukan pihak perguruan tinggi,” ujar Sabar. (h/dan)

Exit mobile version