Kesbangpol Pasaman Bina dan Berdayakan Ormas

Sosialisasi Pembinaan dan Pemberdayaan Ormas yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Pasaman di Aula Pertemuan Arumas Hotel Lubuk Sikaping,  Selasa (28/11).IST

PASAMAN, HARIANHALUAN.ID — Sedikitnya ada 75 utusan organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Pasaman mengikuti Sosialisasi Pembinaan dan Pemberdayaan Ormas yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Pasaman di Aula Pertemuan Arumas Hotel Lubuk Sikaping,  Selasa (28/11).

Kabid Poldagri  dan Ormas Badan Kesbangpol Pasaman  Mayonis dalam laporannya mengatakan,  kegiatan berlangsung selama satu hari penuh,  dengan 3 pemateri.

Diantaranya, Plh Bupati Pasaman Sabar. AS,  Kapolres Pasaman yang diwakili oleh Kabag OPs Polres Pasaman AKP Budi Hendra dan Kepala Badan Kesbangpol Pasaman Afrizal, 

“Tujuan diselenggarakannya sosialisasi tersebut adalah untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan ormas serta peningkatan sumber daya manusia bagi pengurus ormas se-Kabupaten Pasaman,” katanya.

Dikatakannya kegiatan tersebut merupakan upaya terhadap peningkatan pemahaman terhadap tugas dan fungsi ormas,  serta tata cara dan mekanisme pendaftaran ormas di lingkungan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui penyampaian pemikiran dan pandangan dari nara sumber atau fasilitator terhadap para peserta.

Plh Bupati Pasaman Sabar.AS dalam arahannya sebelum membuka kegiatan tersebut menyebutkan, Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan kesbangpol Pasaman sangat penting artinya terhadap pengembangan organisasi itu sendiri.

Peran organisasi ditengah masyarakat sangat penting. Sehingga ormas dapat mencapai tujuannya untuk meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat.

“Terutama dalam mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, menjaga memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa ,”jelas Sabar AS,  

Ditambahkannya organisasi masyarakat sebagai wadah jaminan hak berserikat dan berkumpul bagi warga negara, merupakan lembaga partisipasi masyarakat dan penguatan sistem sosial, yang merupakan salah satu perangkat dalam sistem kenegaraan kita.

Pemberdayaan dan penguatan kapasitas ormas, secara transparan dan akuntabel sehingga terwujud kemandirian dan profesionalisme ormas yang sehat, merupakan suatu yang sangat strategis dalam pembangunan bangsa.

“Terutama menghadapi perkembangan dunia global terkhusus bagi pelaksanaan kesuksesan 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Pasaman, “tutup Sabar AS. (*)

Exit mobile version