Lima Pejabat Eselon III Berebut Jabatan Sekwan DPRD Sijunjung

Kepala Dinas BPKSDM Sijunjung, Riki Maineldi Neri saat ditemui di kantornya, beberapa waktu yang lalu. IST

HARIANHALUAN.ID — Lima pejabat eselon III di lingkungan Pemkab Sijunjung saat ini tengah memperebutkan jabatan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sijunjung (Sekwan) melalui Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dibuka oleh Pemkab Sijunjung.

Hingga saat ini,  berdasarkan hasil penilaian penulisan makalah, seleksi terbuka tersebut menyisakan lima orang kandidat yang akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya dan dinilai layak untuk mengisi jabatan Sekwan yang sebelumnya memasuki masa pensiun.

Kepala BKPSDM Kabupaten Sijunjung, Riki Maineldi Neri mengatakan, para peserta seleksi nantinya akan mengikuti tes wawancara hingga menyisakan tiga nama sebagai kandidat. “Seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan melalui panitia seleksi (pansel) yang diketuai sekretaris daerah dan terdiri dari pihak akademisi,” tuturnya, Selasa (4/7).

Dijelaskannya, lima nama yang melewati seleksi penulisan makalah tersebut di antaranya, Miswita yang kini menjabat sebagai Kabag Hukum di Sekretariat Daerah, Hendri Nurka selaku Kabid PAUD di Dinas Pendidikan, Syafyu Afdal selaku Inspektur Pengawas pada Inspektorat Daerah, Doni Novrizon selaku Kabag Persidangan di Sekretariat DPRD, dan Syamsurijal yang kini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kominfo.

“Lima nama tersebut akan mengikuti seleksi wawancara, kemudian menyisakan tiga nama yang akan kami usulkan ke KASN dan kemudian ditetapkan oleh Bupati pejabat yang akan menduduki jabatan Sekretaris DPRD itu,” katanya.

Lebih lanjut, proses pengusulan ke KASN akan dilakukan pada 12 Juli mendatang.  “Dari hasil rekomendasi KASN tersebut, Bupati akan menentukan siapa pejabat yang dinilai layak dan tepat untuk mengisi jabatan,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Riki, prosesi pelantikan pejabat eselon II terpilih akan digelar serentak dengan sejumlah pejabat lainnya. “Untuk eselon II hanya satu, namun pelantikan nanti akan bersamaan dengan sejumlah pejabat eselon lainnya untuk mengisi jabatan yang kosong,” tuturnya. (h/ogi)

Exit mobile version