Sijunjung Kembangkan Kampung Cabai

Wakil Bupati Sijunjung H.Iradatillah beserta para petani Nagari Buluh kasok dalam kegiatan Pengembangan Tanaman Caai di Nagari Buluh Kasok Kecamatan Lubuk Tarok, Minggu (30/7). OGI

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.ID — Pemkab Sijunjung melalui Dinas Pertanian mengadakan Gerakan Tanam untuk pengembangan Kampung Cabai dalam upaya pengendalian inflasi di daerah itu.

Pada kesempatan itu juga diluncurkan Pos Petani Cerdas di Nagari Buluh Kasok Kecamatan Lubuk Tarok oleh Wakil Bupati Sijunjung H.Iraddatillah, Minggu (30/7).

Wabup Iraddatillah mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangatlah strategis terkait kesiapan pemkab dalam merespon berbagai tuntutan pengendalian inflasi daerah.

“Kegiatan gerakan menanam cabai pada hari ini merupakan salah satu wujud keseriusan kita dalam pengendalian inflasi daerah, dengan harapan akan diikuti oleh seluruh masyarakat ,” ucapnya.

Wabup juga menyampaikan gerakan menanam cabe yang dilaksanakan itu dapat menjadi stimulan di bidang pertanian dalam mengendalikan inflasi daerah khususnya di Nagari Buluh Kasok.

Komoditas cabai menjadi salah satu faktor penyumbang angka inflasi di daerah – daerah, cabe menjadi hortikultura di bidang pertanian dengan harga yang bisa dikatakan tidak stabil dengan adanya pergeseran harga yang cepat secara signifikan.

Selain itu, kata Wabup, pihaknya juga akan menyerahkan bantuan kepada lima kelompok tani dan dua kelompok wanita tani yang ada di Nagari Bulu Kasok yaitu kelompok tani pinang balirik, pucuak mudo, hidup baru, milenial, harapan baru dan kelompok wanita tani anugerah dan parik jaya.

“Untuk lima kelompok tani akan mendapatkan bantuan sebesar Rp110 juta dan dua kelompok wanita tani Rp120 juta, ini insyallah bisa pencairan pada hari Rabu akan datang,” jelas wabup.

Ia berharap kepada para penyuluh agar selalu mendampingi para petani dalam mengelola lahan pertanian.

“Mari kita dampingi para petani-petani kita, sehingga apa yang diolah pada lahan itu bisa menghasilkan hasil yang berlipat ganda, tentu tujuannya menjadikan masyarakat yang sejahtera,” tegasnya.

Wali Nagari Bulu Kasok  Asriwandi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung.

“Terima kasih pak wabup bersama pemerintah daerah Sijunjung yang telah memberikan perhatian khusus kepada petani-petani kami di Nagari Bulu Kasok,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian, Ronaldi menjelaskan tentang Pos Petani Cerdas. Dimana Pelayanan Pertanian Terpadu, Cepat, Responsif dan Sistematis (Pos Petani Cerdas) merupakan suatu aplikasi berbasis android dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Melalui Pos Petani Cerdas, pelayanan pertanian melibatkan penyuluh pertanian dari BPP, POPT dari Pemprov Sumbar serta veteriner medis dari Puskeswan dibantu oleh operator yang berada di kantor desa,” kata Ronal.

Ia menyebut, permasalahan yang dihadapi petani mulai dari sub sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, kesehatan hewan hingga permasalahan sarana prasarana dari hulu hingga hilir nantinya bakal mendapatkan pelayanan secara kontinu. (*)

.

Exit mobile version