Hanya Beberapa OPD Berprestasi, Khairunas: Tingkatkan Kinerja Disiplin dan Kerja Keras

ASN Solok Selatan

Bupati Solok Selatan, Khairunas menyampaikan pesannya pada pelaksanaan apel pagi Pemkab Solok Selatan di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (9/1/2023). IST

HARIANHALUAN.ID – Bupati Solok Selatan, Khairunas menyampaikan bahwa aparatur sipil negara (ASN) harus bekerja dengan ikhlas dan disiplin. Dua hal ini menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan atas tujuan bersama, khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan pada apel gabungan ASN Pemkab Solok Selatan di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (9/1/2023).

Ia mengatakan, kedua hal tersebut harus menjadi pedoman untuk terus meningkatkan kinerja dan pencapaian bagi pembangunan Solok Selatan. Makanya kerja ikhlas dan disiplin harus mulai ditanamkan kinerja kedepannya bagi ASN di ruang lingkup Pemkab Solok Selatan.

“Bagi kita bersama, tentu kita harus bekerja secara ikhlas dan disiplin. Di sana kesuksesan itu akan bisa kita tunjukkan demi pembangunan Kabupaten Solok Selatan yang lebih baik,” katanya.

Dalam hal kedisiplinan, lanjut Khairunas, disampaikan bahwa pada tahun lalu tingkat absensi pegawai sudah mulai tertib sejak diterapkannya absensi digital. Meski demikian, hal ini masih harus dievaluasi bersamaan dengan evaluasi kinerja pegawai sebelum dan selanjutnya. Sebab, menurut Khairunas sendiri absensi saja tidak cukup, namun harus disesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan di kantor.

“Kemarin kita sudah tertib semuanya dalam hal absensi. Kedepannya apa yang kita kerjakan tetap harus diperbaiki. Jangan datang saja. Setelah datang, kami masih melihat dan mendengar sebagian dari kita hanya datang, lalu mengambil absen dan kembali pulang. Nanti kembali lagi untuk absen yang kedua kalinya. Ini harus diperbaiki,” katanya.

Selain itu, juga kedisplinan dari segi administrasi. Tertib administrasi juga harus dioptimalkan untuk berbagai macam hal. Sebab, jika berkaca dari tahun lalu, dari 32 organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada, hanya sebanyak tujuh OPD saja yang mendapatkan penghargaan baik di tingkat provinsi maupun nasional. Salah satu hal yang menjadi terkendala adalah karena administrasi yang belum rapi dan baik.

“Untuk itu, tentu kita harus bekerja lebih keras lagi, persiapkan, lalu kita laksanakan. Saya ajak semuanya kalau berlari, semua kabupaten/kota sudah berlari. Jadi kita harus melompat, dan bekerja keras. Tentu penilaian itu bukan karena kita tidak ada, cuma kita itu kurang admnistrasi saja,” ujar Bupati Solok Selatan tersebut.

Terakhir, atas nama Pemkab Solok Selatan Khairunas kembali mengingatkan kepada seluruh OPD untuk segera memulai proses pelaksanaan anggaran di Tahun 2023 ini, terutama bagi OPD yang memiliki pekerjaan fisik dan rencana program lainnya. (*)

Exit mobile version