Musrenbang 2024, Solsel Optimalisasikan Infrastruktur dan Ketahanan Ekonomi

HARIANHALUAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan prioritaskan dukungan infrastruktur dan ketahanan ekonomi sebagai arah pembangunan di daerah itu. Prioritas itu dituangkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 Kabupaten Solok Selatan yang dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi, Solok Selatan, Kamis (9/3).

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RKPD 2024 Solok Selatan diharapkan dapat menambah motivasi semua pihak dan masyarakat untuk dapat berjuang membangun daerah melalui perencanaan yang lebih baik dan tepat waktu, serta melahirkan program dan kegiatan yang lebih efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Solok Selatan.

“Kita ingin bertujuan untuk menyepakati arah dan prioritas pembangunan Kabupaten Solok Selatan pada tahun 2024 ini. Perencanaan yang bersifat partisipatif ini harus dapat dimanfaatkan dalam RKPD dan Renja OPD 2024 nantinya agar terciptanya pembangunan yang tepat sasaran, tepat waktu, serta bermanfaat bagi masyarakat,” katanya, Kamis (9/3).

Melalui prioritas optimalisasi dukungan infrastruktur dan ketahanan ekonomi tersebut, kata Khairunas, kepada jajaran diharapkan dapat mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh hasil musrenbang ini dengan tetap berpedoman kepada visi, misi dan program unggulan daerah yang sudah tertuang ke dalam RPJMD Kabupaten Solok Selatan.

Selama realisasi pembangunan, hingga saat ini Pemkab Solok Selatan telah mampu menunjukkan kinerja yang positif dan bahkan beberapa capaian dapat melebihi target yang ditetapkan. Mulai dari pertumbuhan ekonomi, penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran, gini rasio, dan juga indeks pembangunan manusia (IPM). Namun di sisi lain, realisasi kinerja juga dihadapkan dengan berbagai permasalahan kesejahteraan, seperti rendahnya kualitas SDM, hilirisasi produk daerah, keterbatasan aksesibilitas dan kualitas infrastruktur.

“Selain itu adanya keterbatasan anggaran daerah, tentu juga menyebabkan penurunan pada penggunaannya. Namun pemerintah daerah akan terus berkomitmen untuk dapat melanjutkan dan meningkatkan program dan kegiatan, terutama yang akan berdampak langsung bagi masyarakat. Maka dari itu semua pihak terlibat harus memprioritaskan program dan kegiatan sesuai dengan upaya pembangunan yang bersinergi langsung dengan kebutuhan masyarakat Solok Selatan,” ujar Bupati Solok Selatan tersebut.

Lebih lanjut, Kepala Bidang Rendalitbang Bappeda Solok Selatan, Hedison menyampaikan bahwa Bappeda Solok Selatan sebagai penyelenggara telah melakukan prosedur musrenbang sesuai tahapannya, mulai dari pra musrenbang, musrenbang dunia usaha, hingga musrenbang kabupaten yang sedang berlangsung.

“Kita sebagai sistem perencanaan pembangunan daerah harus dapat mengkoordinasikan pelaksanaan musrenbang ini dengan baik dan tepat, agar tujuannya untuk membahas dan kemudian menyepakati masalah pembangunan dapat sejalan dengan arah dan prioritas pembangunan yang terintegrasi langsung dengan visi dan misi Kabupaten Solok Selatan nantinya,” ujarnya. 

Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2024 Solok Selatan juga turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatra Barat, Medi Iswandi, dan Bina Marga PUPR Sumatra Barat, Era Sukma Munaf. (jum)

Exit mobile version