BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – Aplikasi layanan mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan salah satu faktor keberhasilan BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kepuasan peserta JKN.
Salah seorang peserta JKN, Annisa warga Nagari Kapau, Kabupaten Agam, mengaku sangat berkesan dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN.
Menurutnya, program JKN merupakan penyelamat bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Terutama bagi peserta yang tengah dihadapkan kondisi darurat dari segi finansial.
“Program JKN telah banyak membantu masyarakat, apalagi dalam keadaan darurat. Tidak semua dari kita yang memiliki atau dapat menyiapkan dana darurat. Jadi menurut saya, kehadiran Program JKN tersebut merupakan suatu solusi yang memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan,” kata Annisa, Selasa (3/12/2024).
Annisa telah seringkali memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Mobile JKN. Mulai dari mengecek status kepesertaan, mencari fasilitas kesehatan terdekat, sampai dengan mendaftar antrean secara online telah ia lakukan di aplikasi Mobile JKN.
“Awalnya saya mengunduh aplikasi Mobile JKN hanya untuk mengecek status kepesertaan JKN, agar tidak perlu jauh-jauh ke Kantor BPJS Kesehatan. Setelah itu, saya perhatikan lagi bahwa banyak sekali fitur yang ada pada aplikasi tersebut dan sangat rugi sekali jika saya tidak memanfaatkannya,” ujarnya.
Ia menambahkan, fitur I-Care JKN merupakan fitur yang paling disukainya. Baginya, fitur tersebut telah menampilkan informasi yang lengkap terkait dengan riwayat pelayanan kesehatan yang ia dapatkan di fasilitas kesehatan.
“Sangat mudah sekali mengakses riwayat pelayanan kesehatan dengan fitur I-Care JKN di Mobile JKN. Informasi tentang riwayat pelayanan kesehatan peserta telah ditampilkan cukup lengkap, sehingga kita dapat mengetahuinya dengan jelas. Saya pikir fitur tersebut merupakan salah satu fitur unggulan yang diinovasikan BPJS Kesehatan dalam Program JKN-nya,” kata Annisa.