PADANG, HARIANHALUAN.ID – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil Padang terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan kesehatan untuk masyarakat. Sebagai salah satu rumah sakit rujukan nasional, berbagai jenis pelayanan medis, unggulan, pemeriksaan, pemeriksaan, serta administrasi telah disiapkan dan terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan pasien dengan standar pelayanan.
Dengan fasilitas yang lengkap, rumah sakit ini diharapkan mampu memberikan layanan kesehatan terbaik. Namun, sejumlah keluarga pasien mengeluhkan buruknya kualitas pelayanan yang diterima.
Beberapa masalah yang diungkapkan keluarga pasien antara lain lambannya respon petugas medis di Instalasi Gawat Darurat (IGD), sikap tenaga medis yang kurang ramah, kesulitan mendapatkan kamar rawat inap, obat-obatan yang tidak lengkap, hingga fasilitas rumah sakit yang dianggap kurang nyaman.
Terkait keluhan tersebut, Manajer Hukum dan Humas RSUP Dr. M Djamil Padang, Nova Afriani, SH, MH, CCCLE, CPM, menyampaikan bahwa pihak rumah sakit selalu merespons setiap keluhan dengan prosedur yang telah ditetapkan.
“Setiap ada keluhan, kami koordinasikan dengan unit terkait untuk melakukan klarifikasi. Jika terbukti benar, maka tembusan diteruskan ke unit tersebut untuk dilakukan pembinaan,” ujarnya.
Nova Afriani mengatakan, bahwa pembinaan dilakukan secara berjenjang. Tingkat pelanggaran akan ditentukan oleh OSDM (Organisasi dan Sumber Daya Manusia), mulai dari kategori ringan, sedang, hingga berat.