Kontribusi masyarakat dalan mendukung eksekusi pemutakhiran data pelanggan dapat dilakukan diantaranya dengan menyambut baik petugas PLN yang bertugas melakukan pemadanan data dan memberikan data yang valid. ‘’Silahkan dukung petugas dengan data akurat, membantu pemadanan data pelanggan selanjutnya, memberikan petunjuk lokasi pelanggan yang tidak ditemukan dan lain sebagainya. Sekecil apapun itu akan berharga bagi program kerja ini,’’ ungkap Nova.
Selanjutnya, pelanggan pun dapat melakukan update data diri mandiri melalui aplikasi PLN Mobile. ‘’PLN telah melengkapi aplikasi PLN Mobile dengan menu “Data Diri”. Pada menu ini pelanggan dapat melengkapi setiap Id Pelanggan pada akun PLN Mobile-nya masing-masing dengan data NIK dan NPWP. Pastikan pula alamat dan titik koordinat telah tepat,’’ jelas Nova.
Dijelaskan Nova, menu ‘’Data Diri” dapat diakses dengan sangat mudah, yaitu hanya dengan lima langkah. ‘’Hanya dengan lima langkah pelanggan sudah berpartisipasi membantu peningkatan kualitas pelayanan PLN dan mendukung peraturan pemerintah,’’ lanjutnya.
Lima langkah melengkapi data diri NIK dan NPWP pada Id Pelanggan tersebut adalah sebagai berikut; 1. Masuk PLN Mobile kebudian click “Profile”, 2. Click “Layanan Saya”, 3. Pilih Id Pelanggan yang akan diperbaharui datanya, 4. Click “Data Diri” dan perbaharui data diri, 5. Pastikan data benar dan lengkap, kemudian click “Simpan”.
Di tengah kemajuan teknologi yang menuntut kecepatan dan kemudahan dalam genggaman, General Manager Toni Wahyu Wibowo berharap PLN Mobile dapat terus beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan pelanggan di bidang kelistrikan. ‘’Jadi harapan kami seluruh pelanggan juga dapat menginstall dan menggunakan fitur-fitur pada aplikasi ini. Baik fitur “Data Diri” maupun fitur-fitur lainnya. Mari menjadi pelanggan cerdas bersama PLN,’’ ungkapnya kemudian.*