Polisi Diminta Sidik Aktivitas Galian Tanah di Sawah Liat

MERUSAK LINGKUNGAN

Galian tanah

Satu unit dump truk pengangkut tanah hendak melansir muatan di Sawah Liat, Nagari Kapuh Utara, Kecamatan Koto XI Tarusan. IST

HALUANNEWS, PESSEL — Aktivitas galian tanah yang diduga tidak mengantongi izin di Sawah Liat, Nagari Kapuh Utara, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatra Barat (Sumbar), telah meresahkan masyarakat sekitar lokasi.

Sebab, aktivitas itu menimbulkan debu yang dihasilkan oleh kendaraan berat pengangkut yang keluar masuk di lokasi itu, sehingga mengganggu masyarakat. Untuk itu, warga meminta kepada aparat penegak hukum untuk menutup aktivitas galian tanah tersebut.

Salah satu warga, Ujang (48) menyebutkan, praktek penambang galian tanah ilegal itu sudah berjalan lebih kurang sekitar satu minggu. Sebelumnya, warga setempat sudah menolak adanya aktivitas yang diduga ilegal tersebut, karena bisa mengakibatkan rusaknya lingkungan.

“Ya, kami berharap kepada dinas terkait pemerintah provinsi dan kabupaten agar segera menutup aktivitas galian tanah yang diduga tidak ada izin ini,” ujarnya, Selasa (12/4//2022).

Terpisah, Ketua LSM Tim Pencari Fakta, Buya M Noor mengaku sudah mendapat informasi terkait adanya aktivitas penambangan yang diduga kuat tidak berizin dan sangat meresahkan masyarakat, serta pengendara.

Menurutnya, banyak warga yang mengeluh atas kegiatan penambangan galian tanah tersebut. Pasalnya, debu yang dihasilkan kendaraan berat yang melintasi, jelas sangat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat.

“Selain jalan yang rusak, kekhawatiran yang terbesar dari masyarakat setempat adalah pencemaran lingkungan akibat debu yang berterbangan, yang dilalui dump truck pengangkut tanah ini,” ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, tanggung jawab pelaku usaha pertambangan yaitu melakukan reklamasi pascatambang yang merupakan kewajiban bagi pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP). Selanjutnya, pengerukan tersebut hingga kini masih berlangsung, seolah-olah tidak ada masalah saat di datangi.

“Sedangkan truk berat banyak sekali hilir mudik berseliweran keluar masuk lokasi galian tersebut,” ucapnya lagi.

M Noor sangat menyayangkan kegiatan yang jelas ilegal itu belum mendapat tindakan tegas dari penegak hukum ataupun dinas terkait. Ia menilai, pihak terkait seolah-olah menutup mata dengan kegiatan tersebut, sehingga pengusaha tak merasa takut melaksanakan kegiatan walau tak mengantongi izin sama sekali.

“Belakangan ini kami melihat banyak usaha penambangan baru bermunculan. Meski diduga tak mengantongi izin, mereka tetap nekad beraktivitas secara terang-terangan tanpa menghiraukan siapapun dan seolah-olah tidak ada rasa bersalah,” ucapnya.

Noor menuturkan, tanah warga yang dikeruk tersebut di jual untuk kepentingan proyek yang membutuhkan terutama untuk di Batang Tarusan. Terkait kondisi itu, ia meminta Gubernur Sumbar melalui dinas terkait agar memaksa pemilik tambang untuk berhenti merusak lingkungan, sekaligus menyeret pemilik tambang ilegal ke ranah hukum. (*)

Exit mobile version