Perayaan HUT RI Berjalan Khidmat, Bupati: Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

HUT Kemerdekaan

HARIANHALUAN.ID – Dirgantara Indonesia, Merdeka. Begitulah ungkapan Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 tahun. Berbagai agenda resmi mengiringi HUT RI di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mengatakan, tema perayaan HUT RI kali ini yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Hal itu mengingat, Indonesia terutama Kabupaten Lima Puluh Kota baru saja terlepas dari pandemi Covid-19. Selama Covid-19 melanda, seluruh sendi kehidupan masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota lumpuh, tak bergerak. Perekonomian anjok, roda pemerintahan tidak berjalan semestinya, semuanya sibuk untuk mencegah dan memutus peredaran virus Corona.

Dua tahun pandemi Corona, kerugian melanda, semua terkena dampaknya. Beranjak dari sana, bupati mengajak untuk sama-sama bangkit, untuk sama-sama kembali menata kehidupan semestinya. 

Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota pun terus mendorong agar daerah bisa pulih lebih cepat demi kehidupan masyarakat yang lebih kuat. Kuat secara ekonomi, kuat secara religi dan kuat dari seluruh sektor yang semulanya sempat anjlok.

“Dalam momentum HUT RI ini, mari sama-sama agar bisa pulih bersama menuju kehidupan yang normal. Merdeka,” ujar Bupati.

Laksanakan Berbagai Agenda

Sejak sebulan terakhir, hampir seluruh lini disibukkan untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan. Tak hanya pemerintahan saja, melainkan masyarakat umum pun dengan semangat ikut andil menyukseskan HUT RI.

Mengawali rangkaian resmi Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 di Kabupaten Lima Puluh Kota, Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mengukuhkan 28 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota.

Pengukuhan dilakukan dengan penyematan merah putih dan pemasangan candid oleh Bupati selaku pembina upacara yang disaksikan oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Deni Asra, Kapolres Lima Puluh Kota, AKBP Ricardo Concrat Yusuf, Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Pati, Adek Nurhadi, Sekretaris Daerah Widya Putra, unsur Forkopimda, Kepala Sekolah dan para orang tua. 

Bupati Lima Puluh Kota dalam amanatnya mengatakan bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini bukan diperoleh dengan cara yang mudah melainkan dengan cucuran darah dan pengorbanan para pahlawan.

Selanjutnya, ia menyebutkan inti kesuksesan upacara salah satunya terletak pada pasukan pengibar bendera pusaka. “Oleh karena itu, kami harapkan kepada anak-anakku sekalian agar melaksanakannya dengan penuh semangat dan rasa tanggungjawab yang tinggi,” tutur Bupati Safaruddin. 

Di bagian lain amanatnya, Bupati Safaruddin meminta paskibraka untuk mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin masa depan. “Karena masa depan yang kita harapkan akan tampil menjadi negara maju,” ujar bupati.

Paskibraka Lima Puluh Kota yang terdiri dari 15 putra dan 13 putri akan bertugas pada upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2022 di GOR Singa Harau. 

Setelah pengukuhan paskibaraka, rangkaian resmi Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 di Kabupaten Lima Puluh Kota akan dilanjutkan pada Selasa (16/8/2022), yaitu mendengarkan pidato kenegaraan di ruang Sidang DPRD Lima Puluh Kota dan renungan suci di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Payakumbuh. 

Dan dihari puncak pada Rabu (17/8/2022), yaitu upacara HUT Kemerdekaan RI di GOR Singa Harau, mengikuti Detik-Detik Proklamasi secara virtual di aula kantor bupati.

Kemudian Bupati melakukan penyerahan remisi di Lapas Anak Tanjung Pati. Setidaknya, ada 50 penghuni lapas mendapatkan remisi. Potongan kurungan tersebut bervariasi. Dari satu hingga enam bulan. 

Upacara penurunan bendera secara virtual di GOR Singa Harau dan ditutup dengan malam resepsi di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota.

Pawai Rakyat Semarakkan Kemerdekaan

Selain agenda resmi, pawai atau karnaval juga mengisi perayaan HUT RI di Kabupaten Lima Puluh Kota. Meski tidak menggelar karnaval secara umum ditingkat kabupaten, tetapi arak-arakan pawai digelar di seluruh kecamatan.

Setiap kecamatan, ikut melaksanakan karnaval dengan melibatkan anak sekolah serta masyarakat umum. Hal itu menandakan, semangat masyarakat dalam meriahkan hari kemerdekaan.

Berbagai antraksi pun ditampilkan dengan memanfaatkan ruas jalan utama sebagai titik karnaval. Yaitu dari perjalanan sejarah Indonesia dengan hadirnya replika sosok pahlawan menyapa masyarakat. Kemudian ada penampilan drumband oleh anak-anak sekolah dari SD, SMP dan SMA.

“Seluruh kecamatan mengadakan karnaval. Ini menandakan semangat masyarakat dalam menyambut Hari Kemerdekaan,” ujar bupati lagi. (*)

Exit mobile version