Portal PIF FPKTP merupakan dashboard digital yang memungkinkan fasilitas kesehatan memantau pengelolaan pelayanan JKN secara lengkap, mulai dari proses pengajuan klaim, pembayaran kapitasi dan non-kapitasi, hingga pemantauan mutu pelayanan dan keluhan peserta.
Sementara itu, fitur laporan kekosongan obat memungkinkan faskes melaporkan stok obat secara real time, sehingga potensi kekosongan dapat segera direspons dengan cepat dan transparan.
“Kolaborasi ini menunjukkan bahwa JKN bukan hanya program pemerintah, melainkan milik seluruh rakyat Indonesia. Dengan semangat gotong royong dan inovasi berkelanjutan, kita bersama menjaga keberlangsungan sistem jaminan kesehatan yang adil dan inklusif bagi semua,” tutur Ghufron.
Pada kesempatan yang sama, BPJS Kesehatan juga memberikan penghargaan khusus atas peran dan kontribusi dalam pemberian kompensasi pada pelayanan kesehatan Program JKN di Daerah Belum Tersedia Fasilitas Kesehatan Memenuhi Syarat (DBTFMS) Tahun 2025.
Penghargaan tersebut diberikan kepada Puskesmas Taman Mataru Kabupaten Alor dan Rumah Sakit Kapal Nusa Waluya II. Berikut Daftar Pemenang Fasilitas Kesehatan Berkomitmen Terbaik dalam Pelayanan Kesehatan Program JKN Tingkat Nasional Tahun 2025.
Kategori Klinik Pratama
Peringkat Pertama, Klinik Pertama Dokter Vitis Kabupaten Kediri.
Peringkat Kedua, Klinik Aisyiyah Siti Hajar Kota Tegal. Peringkat Ketiga, Klinik Pratama Jentera Medika Kota Jambi.
Kategori Tempat Praktik Mandiri Dokter Peringkat Pertama, Dokter Fitrijah Kabupaten Jombang.
Peringkat. Peringkat Kedua, Dokter Wiwi Marma Kota Padang, dan
Peringkat Ketiga, Dokter Hasnur Elfiyeni Kota Banda Aceh.
Kategori Puskesmas Peringkat Pertama, UPTD Puskesmas Lamno Kabupaten Aceh Jaya. Peringkat Kedua, Puskesmas Kota Wilayah Utara Kota Kediri, dan Peringkat Ketiga, UPTD Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor.