Sosialisasi UKBI, Balai Bahasa Sumbar Juga Sedang Susun Kamus Bahasa Minang dan Mentawai

Balai Bahasa Sumbar Sosialisasi dan Kerja Sama Dengan Pemko Sawahlunto

HARIANHALUAN.id – Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat melakukan sosialisasi sekaligus Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemko Sawahlunto, Kamis 15 Juli 2022.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta hadir langsung dalam sosialisasi dan pembahasan kerja sama tersebut.

“Kita berterima kasih pada sosialisasi tentang lembaga dan program-program dari Balai Bahasa ini. Kita mendukung peluang-peluang kerja sama yang ada untuk ditindaklanjuti,” kata Wali Kota Deri Asta.

Sebab, kata Wali Kota Deri bahasa memiliki nilai dan peran penting tidak hanya sebagai unsur komunikasi namun juga identitas daerah bahkan bangsa.

“Sehingga kita harus bersama-sama mendukung bagaimana bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku itu dapat diterapkan. Melalui OPD terkait kita akan tindak lanjuti kerja sama dengan Balai Bahasa ini,” kata Wali Kota Deri Asta.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumbar Eva Krisna yang diwakili Kasubag Umum Wahyudi menjelaskan pihaknya saat ini memiliki dua program, yakni sosialisasi pengutamaan penggunaan bahasa negara pada 45 lembaga terbina, kemudian melakukan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) untuk diselaraskan dengan program merdeka belajar.

“Sementara untuk tugas pokok kami adalah tentang bahasa, sastra dan literasi,” ujar Wahyudi merinci.

Balai Bahasa Sumbar juga sedang melakukan penyusunan kamus bahasa daerah, dimana saat ini telah selesai disusun kamus bahasa Minang dan kamus bahasa Mentawai.

“Selain itu kami pun menerjemahkan dan mencetak buku bahasa Minang menjadi bahasa Indonesia untuk dibagikan di ruang literasi,” kata Wahyudi.

Bahkan disampaikan Wahyudi, Balai Bahasa Sumbar juga memetakan bahasa dan sastra daerah di Provinsi Sumatera Barat serta mulai merancang ensiklopedia sastrawan Sumbar.

Unsur pimpinan OPD Pemko Sawahlunto yang menghadiri sosialisasi dan kerja sama dengan Balai Bahasa Sumbar itu adalah Asisten Administrasi Pemerintahan Irzam, Kepala Dinas Pendidikan Asril, Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Hilmed, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Nova Erizon, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Halomoan dan Kabag Kominfoperhumas Wiza Andrita. (*)

Exit mobile version