Pengurus LKAAM Pasaman Barat Periode 2022-2027 Dilantik 

LKAAM Pasbar

Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar Dt Nan Sati melantik pengurus LKAAM Pasbar. Osniwati

HARIANHALUAN.ID – Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Pasaman Barat, Baharuddin R Tuo Malin dan jajaran dilantik oleh Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar Dt Nan Sati di aula kantor bupati setempat, Kamis (5/1/2023).

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Sumatra Barat (Sumbar), Syaifullah, Bupati Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, Ketua DPRD Erianto, Forkopimda dan stakeholder terkait lainnya.

Fauzi Bahar Dt Nan Sati mengatakan, di tangan Ketua LKAAM Pasbar sekarang ini Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) akan berjalan. 

“Pak Bahar ini dari polisi berpangkat bharada hingga mencapai letkol. Beliau orang luar biasa, kita berharap LKAAM Pasbar bisa maju ditangan beliau,” kata Fauzi Bahar, mantan Wali Kota Padang ini.

Dia berharap di bawah kepemimpinan Bahar dan jajaran LKAAM Pasaman Barat bisa bersinar dan terlaksana ABS-SBK, guna membina dan mengawasi anak kemenakan dari berbagai pengaruh negatif lainnya, seperti narkoba dan LGBT.

Dia menyebut, ninik mamak memiliki peran strategis membina anak kemenakan di masa depan. Apalagi, Kapolri sudah mencanangkan restorasi justice (penyelesaikan perkara tidak sampai ke pengadilan).

“Misalnya, pencurian antara anak kemenakan di kampung, ninik mamak berperan menyelesaikannya, tak mesti sampai ke persidangan, cukup diselesaikan sampai kantor polisi atau jaksa,” katanya.

Fauzi Bahar menyebut, Pasbar adalah negeri yang kaya potensi agar dimanfaatkan untuk kemakmuran anak kemenakan. “Nah, disinilah peran ninik mamak bisa mengayomi anak kemenakan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Hamsuardi menjelaskan bahwa Pemkab Pasbar akan memiliki perhatian penuh terhadap LKAAM Pasbar dan ninik mamak.

“Program unggulan kita adalah Magrib mengaji dan tahfid Al-Qur’an. Untuk itu, sangat sejalan dengan LKAAM Pasbar ABS-SBK,” kata Hamsuardi.

Ia juga menjelaskan, pemekaran nagari di Pasbar tidak akan mengotak atik adat. Ketika berada di kementerian, hal itu juga disampaikan kepada pemerintah pusat, bahwa pemekaran tidak akan merubah adat di Bumi Mekar Tuah Basamo.

“Untuk itu, saya mohon dukungan dari LKAAM dalam menjalankan program membina generasi muda,” katanya.

Ketua LKAAM Pasbar, Baharuddin R Tuo Malin seusai dilantik menyampaikan bahwa dirinya bersama pengurus LKAAM akan bersinergi dengan Pemkab Pasbar dan bertekad memajukan adat di Pasaman Barat.

“Kita bertekad memajukan adat di Pasaman Barat dengan membuat hal- hal positif, sehingga generasi muda bisa terhindar dari narkoba, LGBT dan kenakalan remaja lainnya,” katanya. 

Bahar yang juga bupati dua periode ini, minta sokongan Pemkab Pasbar untuk dibuat rumah adat Pasbar, seperti halnya di Kota Solok yang dibuatkan pemko rumah adat sebagai bukti perhatian Pemkab Pasbar terhadap kaum adat dengan pagu anggaran Rp1,2 miliar.

Adapun pengurus LKAAM Pasbar yang dilantik adalah Ketua Baharuddin R Tuo Malin, Sekretaris Anwir Dt Bandaro, Bendahara Edy Warman Dt Rajo Alam. Dewan Pertimbangan TK Jailani Yang Dipertuan Parik Batu, Wakil Sekretaris Tuanku Asrul Yang Dipertuan Kinali, Sekretaris Mailizar Dt Rajo Sampono.

Ketua Harian Khaidir Dt St Kabasaran, Wakil Ketua I Ednarsyah Rangkayo Bungo Tanjuang, Waka II Dawar Majo Garang, Waka III Syamsuardi St Lauk Api, Waka IV Nefrahadi Tuanku Sambah. 

Pengurus LKAAM juga dilengkapi dengan sembilan bidang, yakni Bidang Organisasi Kewarisan dan Keanggotaan Ketua Kasiman Majo Batuah, Bidang Penyelesaian Sangketa Sako dan Pusako dan ABS-SBK Ketua Muslim Rajo Magek, Bidang Pemberdayaan Tanah Ulayat /Aset Nagari Ketua Tk M Arif Dt Majo Basa.

Kemudian Bidang Advokasi dan Hukum Asnirizal Dt Rangkayo Mulia, Bidang Pembinaan Adat dan Syara Ketua Nofriado K Imam Rajo, Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Anggota Ketua Kusnadi Dt Rajo Batuah, Bidang Pemuda dan Seni Permainan Anak Nagari Ketua Doni Wandra Dubalang Sinaro, Bidang Pemerintahan Nagari dan KAN Syafril Sutan Ameh, Bidang Humas, Informasi dan Publikasi Ketua M Junir Sutan Rajo Ameh, Anggota Irfan St Pangeran dan Afdal Adian. (*)

Exit mobile version