Alhamdulillah, 6 Awak Kapal Tenggelam yang Hilang di Perairan Air Bangis Ditemukan Selamat

OSNIWATI - PASAMAN BARAT

HARIANHALUAN.id – Akhirnya, sore Sabtu (25/3) sebanyak 12 ABK kapal Bagan Roses 01 akhirnya ditemukan selamat. Proses pencarian oleh tim dari kepolisian, TNI, Basarnas, BPBD dan stakeholder terkait lainnya Awalnya menemukan 4 orang ABK di perairan Air Bangis yakni atas Makye, Rudi, Fildi dan Afif ABK Kapal Bagan Roses 01.

Tidak beberapa berselang dua orang juga ditemukan terombang ambing di laut yakni Akak dan Aan.

Kapolres Pasbar AKBP Agung Basuki bersama tim langsung melakukan pencarian korban yang hilang tersebut. Kapal yang hilang kontak semenjak Jumat (24/3) sekira Pukul 22.15 Wib itu kemungkinan laka laut.

“Pukul 22.15 Wib telah diterima laporan dari jaringan informasi masyarakat bahwa nelayan Air Bangis telah terjadi kemungkinan laka laut 2 (dua) unit kapal bagan akibat cuaca hujan dan badai. KM KRT 07 dan Roses 01,”katanya.

Diperkirakan KM KRT 07 dengan jumlah ABK 6 orang selamat yakni Ilham, nahkoda kapal. Ary, Adit Mukhlis, Andres dan Dedi. Mereka ditemukan di perairan taluk dalam Air Bangis dengan jarak lebih kurang dari muara Air Bangis 2,6 Mil.

“Kapal dilihat oleh nalayan sudah oleng karena cadik depan patah dihantam hujan dan badai sampai sekarang belum bisa dipastikan karena cuaca masih hujan lebat dan badai. Semua ABK kapal selamat,”katanya.

ABK Kapal Bagan Roses 01 ditemukan juga selamat dan Kelelahan di tengah laut perairan Maligi. Selain itu di Karang baru gosong Sikabau dengan jarak dari muara Air Bangis Lebih kurang 4 Mil diperkirakan kapal mengalami rusak pompa penghisap air dan sampai saat ini Kapal Tenggelam Belum dapat ditemukan.

“Kami menghimbau kepada semua ABK agar memeriksa Kelayakan Kapal Sebelum Berlayar. Lengkapi dengan Alat keselamatan di Laut Seperti Pelampung / Kapal Sekoci. Perhatikan Cuaca dan Angin sebelum Berlayar. Lengkapi Kapal dengan Alat EPIRB ( Emergency Potition Indicating Radio Beacon ),” katanya. (ows)

Exit mobile version