Wagub Sumbar Audy Joinaldy Minta Pemkab Pasaman Barat Serius Tangani Stunting

Wagub Sumbar

Wakil Gubernur Sumbar meminta Pemda Pasbar agar fokus penanganan stunting. Osniwati

HARIANHALUAN.ID – Wagub Sumbar, Audy Joinaldy didampingi Wakil Bupati Risnawanto melakukan rangkaian kunjungan dalam safari Ramadan ke Kabupaten Pasaman Barat, Minggu (2/4/2023).

Pada kesempatan itu, pemerintah provinsi mendukung Pemerintahan Pasbar  untuk menangani stunting. Karena kenaikan stunting mencapai 11,5 persen di Pasaman Barat (Pasbar).

Tim Safari Ramadhan (TSR) Wakil Gubernur Sumbar itu juga melakukan kunjungan kerja di beberapa wilayah di Pasbar, mulai dari Kinali, Luhak Nan Duo, Sungai Aur, hingga Kecamatan Pasaman. Sedangkan untuk kunjungan ke masjid ada dua masjid yang dikunjungi, yakni Masjid Baitul Rahman Sungai Aur dan Masjid Nurul Iman Aia Gadang, Kecamatan Pasaman.

TSR Wagub Audy Joinaldy tersebut diikuti beberapa kepada OPD, Kabiro dan stakeholder terkait lainnya. Pada kesempatan itu, TSR juga membawa makanan tambahan sebagai penanganan stunting, bantuan untuk masjid berupa uang tunai Rp25 juta, makanan tambahan ibu hamil, kain sarung dan Al-Qur’an. 

Audy Joinaldy menjelaskan, jika Kabupaten Pasaman Barat merupakan wilayah dengan prevalensi balita stunting tertinggi di Sumatra Barat pada 2022, yakni mencapai 35,5 persen. Angka ini melonjak 11,5 persen dari 2021 sebesar 24 persen. Walaupun ia sendiri meragukan data tersebut.

“Itu data yang disampaikan kepada kita, walaupun saya sendiri tidak bisa menerima itu. Namun kita terima data itu, sehingga menjadi cambuk bagi kita dalam menangani stunting ke depan,” katanya.

Ia bersama Pemerintah Provinsi Sumbar bertekad untuk membantu Kabupaten Pasaman Barat dalam menangani stunting. Karena bagaimanapun juga menjadi tanggungjawab semua pihak. Sehingga kenaikan prevalensi stunting itu dijadikan cambuk dalam menurunkannya. 

Karena, kata Wagub Audy Joinaldy, Kabupaten Pasaman Barat itu termasuk daerah yang sejahtera dan makmur. Daerah penghasil ikan yang cukup banyak, sehingga penurunan prevalensi stunting itu menjadi hal yang tidak mungkin terjadi.

Sementara itu, Wakil Bupati Risnawanto mengucapkan terima kasih kepada TSR Provinsi Wagub Audy Joinaldy. Karena telah memberikan waktu dan kesempatan kepada warga Pasbar untuk bersilaturahmi.

Ia juga menyampaikan tentang pembangunan Sungai Batang Pasaman yang hampir mengancam kebun kelapa sawit dan beberapa perumahan. “Kami siap berkoordinasi untuk membangun Kabupaten Pasaman Barat,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta dukungan dari tokoh masyarakat tentang pembangunan di Pasbar. Baik itu program keagamaan, penanganan stunting maupun pembangunan fisik lainnya. (*)

Exit mobile version