Bupati Pasbar Lantik Bamus Nagari Talu dan Kajai Selatan 

OSNIWATI - PASBAR

Bupati Hamsuardi melantik Bamus di Nagari Talu dan Nagari Kajai Selatan Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Osniwati

HARIANHALUAN.ID — Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi resmi melantik Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari Talu dan Nagari Kajai Selatan Kecamatan Talamau, Selasa (18/7).

Bupati Hamsuardi yang didampingi Kepala OPD, anggota DPRD Pasbar Andriwilza, Camat Talamau, Forkopimca Talamau, wali nagari, jorong dan stakeholder terkait lainnya. Ia mengimbau agar Bamus menjaga kekompakan dan saling berkoordinasi dengan perangkat nagari dan masyarakat dalam membangun nagari.

“Selamat kepada anggota Bamus yang telah dilantik. Mari terus menjaga kekompakan dan saling berkoordinasi dengan wali nagari, tokoh nagari, masyarakat, camat hingga bupati dalam melakukan pembangunan di nagari ini. Kekompakan ini merupakan suatu upaya dalam membangun nagari,” kata Hamsuardi.

Ia juga berharap kepada anggota Bamus agar menciptakan inovasi dan terobosan dalam mengembangkan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang dimiliki nagari untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan nagari.

“Kami berharap dalam periode jabatan Bamus ini agar memberikan perhatiannya pada nagari, karena masyarakat menaruh perhatian dan harapan besar, sehingga Bamus harus betul-betul memberikan pengabdian pada kampung halaman kita ini,” ujarnya.

Hamsuardi juga mendorong Bamus untuk berinovasi serta memberikan terobosan dalam menjalankan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan pendapatan asli nagari.

Ia memisalkan pengembangan objek wisata sarasah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. “Namun, ini perlu dukungan dan kerjasama kita semua untuk dapat mengembangkannya,” ujarnya.

Hamsuardi meminta jajaran pemerintah nagari untuk terus konsisten dalam mengupayakan sebuah inovasi dan memanfaatkan peluang yang ada dalam percepatan pembangunan.

Selain itu, Hamsuardi mengimbau Bamus memperhatikan dan membina generasi muda di nagari, seperti dalam mengembangkan potensi diri di bidang olahraga dan agama agar terhindar dari pengaruh buruk lingkungan.

Ia juga minta pemerintah nagari mengoptimalkan program Tahfidz Al-Qur’an dan Magrib Mengaji dalam menjaga kualitas generasi muda.

“Kita berkewajiban membina generasi muda, agar generasi kedepan lebih hebat dari kita saat ini. Ini juga harus kita raih dan wujudkan. Saya sangat berharap kepada kita semua untuk dapat membina generasi muda di bidang olahraga dan agama,” katanya.

Selain itu, sambung Hamsuardi, juga ada program kesehatan untuk masyarakat yakni Program Berobat Gratis terutama bagi masyarakat kurang mampu. “Silakan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dalam melayani masyarakat,” jelasnya.

Anggota Bamus Nagari Talu Periode 2020-2026 yang dilantik yakni Khairul Ikbal perwakilan Patomuan, Taufik perwakilan dari Merdeka, Afni Nia Sari perwakilan dari Pertemuan, Zulhelmi dari keterwakilan perempuan) dan Saptariadi dari Merdeka.

Sementara Anggota Bamus Nagari Kajai Selatan Periode 2023-2029 yang dilantik yaitu Rozikin, Rita Deni, Rifdal dari mutasi Bamus Induk dan Yessi Afrina dari keterwakilan wilayah serta  Merta Refliani dari keterwakilan perempuan. (*)

Exit mobile version