Panwaslu Kinali Rampungkan Seleksi Wawancara Calon PTPS

PASBAR, HARIANHALUAN.ID —Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kinali selesai melaksanakan tahapan tes seleksi wawancara  calon anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Kecamatan Kinali.
Tes wawancara diselenggarakan selama satu minggu  di Kantor Sekretariat Panwaslu Kinali sejak Kamis (11/1/2024) hingga Rabu (17/1/2024) kemarin serta  diikuti  278 Orang calon Pengawas TPS.
“Namun ada sekitar 16 orang yang tidak mengikuti tes wawancara meski kami telah menyampaikan informasi jadwal tes kepada mereka yang telah lolos seleksi administrasi,” ujar Ketua Panwaslu Kinali, Izwarman.
Sesuai aturan berlaku, Lanjut Izwarman, calon peserta yang tidak mengikuti tahapan wawancara otomatis dinyatakan gugur.  Sebab tes wawancara adalah tahapan penting untuk mencari sosok PTPS terbaik yang berkompeten.
Senada dengan itu, Kordiv PPPS Panwaslu Kecamatan Kinali, Arifwan menjelaskan, peserta seleksi PTPS terbaik yang dinilai mempunyai wawasan kepemiluan dan memahami tugas pokok fungsi sebagai pengawas selanjutnya akan ditetapkan sebagai anggota PTPS lewat rapat pleno.
“Nantinya dari tes wawancara inilah kami dapat menilai mana yang layak atau tidaknya untuk menjadi anggota Pengawas TPS, mudahan-mudahan semuanya berjalan dengan lancar, aman dan terkendali, sehingga dapat menghasilkan anggota Pengawas TPS yang handal dan profesional, untuk menjalankan tugas pengawasan Pemilu 2024,” ucapnya.
Kordiv HPPH Panwaslu Kinali, Arini Buyanti menambahkan, pengumuman hasil seleksi wawancara calon PTPS Kinali, bisa dilihat di  dimedia sosial Facebook dan Instagram Panwaslu Kecamatan Kinali.
“Pengumuman juga bisa dilihat dipapan informasi Sekretariat Panwaslu Kecamatan Kinali, serta di seluruh papan informasi Kantor Wali Nagari yang ada di Kinali,” ungkapnya.
Arini mengatakan, pada tahun ini Panwaslu Kinali membutuhkan  204 orang  PTPS sesuai  dengan jumlah TPS yang ada di Kinali. Mereka diharapkan akan bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya mengawal jalannya proses pemungutan suara.
“Selamat kepada PTPS yang telah dinyatakan lolos seleksi wawancara, selamat bergabung dan selamat bertugas mengawal demokrasi,” pungkasnya. (*).
Exit mobile version